Tourims (Kepariwisataan)

Tourism atau kepariwisataan adalah kegiatan yang terkait dengan pariwisata yang dilakukan oleh pelaku wisata yang memiliki keinginan wisata tersendiri. Dalam melakukan pariwisata tentunya sangat dibutuhkan persiapan yang cukup banyak, seperti transportasi, akomodasi, badget, dll. khususnya akomodasi kita mampu menentukan sendiri ingin beristirahat dimana, bisa dengan hotel,motel,resort, dll.

Hotel adalah tempat beristirahat sementara dalam bentuk sewa. Terdapat beberapa profesi di hotel yaitu, receptionist hotel (penerima tamu), chef (menyiapkan makanan untuk para tamu), waiter/waitress (pelayan), dan barista (peracik minuman sekelas kopi). Biasanya memiliki kelasnya masing-masing yang biasa disebut dengan “bintang” hotel berbintang 5 yang tertinggi sedangkan hotel berbintang 1 yang paling rendah. Dari hal tersebut, tentunya fasilitas serta pelayanan bisa sangat berbeda. Pelayanan hotel berbintang 5 bisa lebih nyaman dibandingkan dengan hotel berbintang 1. Dari mulai fasilitas yang sudah modern dan canggih, pelayanan yang sudah menggunakan teknologi, contohnya kunci kamar sudah menggunakan sensor di kartu jadi tidak lagi menggunakan kunci. Selain itu juga tentunya harga yang sangat jelas berbeda dari kelas hotel tersebut, semuanya tergantung dengan badget wisatawan.

Biasanya, setiap hotel juga didukung oleh sarana dan prasarana, seperti memiliki rekomendasi trip untuk wisatawan kunjungi serta menyediakan transportasi hotel untuk mengantar dan menjemput wisatawan. Namun karena pengunjung / penghuni hotel yang tidak sedikit, maka pihak hotel tidak semata-mata menyediakan begitu saja, penyediaan transportasi hotel juga bisa dilakukan dengan menyewanya terlebih dahulu, hal ini dilakukan agar tidak bentrok dengan pengunjung yang lainnya ketika ingin menggunakan. Penyewaan ini di beberapa hotel akan dikenakan biaya tambahan namun ada beberapa hotel yang hanya mempersilahkan pengunjung memberikan tipkepada driver. 

Selain itu, pihak hotel juga menyediakan restaurant yang bisa di nikmati oleh pengunjung. Tentunya dari berbagai kelas hotel, penyediaannya berbeda. Biasanya hotel berbintang 5 menyediakan restaurant yang berkelas dan disertakan hidangan yang lengkap dari mulai appetizer, main course, dessert. Di beberapa hotel, akan memnyediakan hidangan gratis yang biasanya pada hidangan pagi atau sarapan. Menu yang ada di hotel dibagi menjadi 2 yaitu menu table d’hote dan a la carteTable d’hote yaitu jenis makan sudah ditetapkan, menyajikan beberapa bagian menu, pilihan untuk setiap makanan terbatas, satu harga ditetapkan untuk satu kumpulan makanan, disajikan dalam kumpulan waktu tertentu. Sedangkan a la carte suatu susunan menu dimana setiap makanan yang dicantumkan pada daftar makanan tersebut disertai dengan harga tersendiri.  Pada restaurant hotel juga terdapat Manager, Chef, serta Waiters tersendiri. Maka, jika pengunjung merasa kurang nyaman dengan fasilitas maupun dengan hidangannya, pengunjung dipersilahkan untuk mengkomplain langsung terhadap managernya atau jika bermasalah dengan hidangan maka langsung terhadap chefnya. 

Ada beberapa cara untuk memesan kamar hotel, kini sudah banyak aplikasi travel agar mempermudah wisatawan untuk mengelola perjalanannya. Tentunya memesan kamar hotel bisa dilakukan secara on the spot di receptionist namun hal ini justru ditakutkan tidak tersedianya kamar kosong Karena tidak ada pem-bookingan sebelumnya. Bisa juga dilakukan melalui beberapa aplikasi seperti traveloka, travel.com, dll. hal ini sangat mempermudah karena pada aplikasi tersebut sudah dicantumkan harga serta available roomnya. Bisa juga dilakukan melalui agent travel yang sudah mencangkup semua urusan perjalanan dari mulai transportasi, trip, dan hotel. 

Untuk melakukan check in secara langsung di hotel, hampiri bagian receptionist kemudian beri salam sapa dengan sopan, lalu bisa langsung mengatakan kalau ingin check in, kemudian akan di berikan pertanyaan seputar sudah atau belum melakukan reservasi, jika sudah, tinggal mengkonfirmasi, namun jika belum, akan dilakukan pengecekkan kamar kosong dan setelah itu bisa dilanjutkan ke pembayaran. Kemudian setelah check inbiasanya pelayan hotel akan mengantarkan pengunjung ke depan kamarnya. Dan jika membutuhkan sesuatu atau ada masalah biasanya pelayan hotel menganjurkan untuk menelfon bagian customer servicemenggunakan telfon yang tersedia di dalam kamar.

Komentar